1.Diskripsi singkat PT. Sido Muncul
Apa
itu pt. sidomuncul ?
Sido muncul adalah perusahaan jamu herbal yang telah berdiri sejak
tahun 1951, yang kini merupakan perusahaan herbal bertaraf modern yang selalu
berupaya untuk memberikan produk-produk terbaik dan menyehatkan bagi seluruh
konsumennya, dengan tetap menggunakan bahan-bahan alamiah yang berkualitas
tinggi dan segar.
SidoMuncul juga mengembangkan penelitian, ilmu pengetahuan, dan
teknologi dalam menjalankan proses-proses produksi untuk setiap produk yang
akan dijual, dan terus menciptakan inovasi berupa temuan-temuan baru yang
berkhasiat tinggi bagi seluruh kalangan masyarakat.
v Visi dari pt. Sido Muncul
Menjadi industri jamu yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat
dan lingkungan.
v Misi dari pt. sido muncul
a.
Meningkatkan
mutu pelayanan di bidang herbal tradisional
b.
Mengembangkan
research / penelitian yang berhubungan dengan pengembangan pengobatan dengan
bahan-bahan alami.
c.
Meningkatkan
kesadaran masyarakat akan pentingnya membina kesehatan melalui pola hidup
sehat, pemakaian bahan-bahan alami dan pengobatan secara tradisional
d.
Ikut
mendorong pemerintah / instansi resmi agar lebih berperan dalam pengembangan
pengobatan tradisional.
SEJARAH
PT.SIDOMUNCUL
PT. SidoMuncul bermula dari sebuah industri rumah tangga pada tahun
1940, dikelola oleh Ibu Rahkmat Sulistio di Yogyakarta, dan dibantu oleh tiga
orang karyawan. Karena banyaknya permintaan terhadap kemasan jamu yang lebih
praktis, mendorong beliau memproduksi jamu dalam bentuk yang praktis (serbuk),
seiring dengan kepindahan beliau ke Semarang , maka pada tahun 1951 didirikan
perusahan sederhana dengan nama SidoMuncul yang berarti "Impian yang
terwujud" dengan lokasi di Jl. Mlaten Trenggulun. Dengan produk pertama
dan menjadi andalan, Jamu Tolak Angin, produk jamu buatan Ibu Rakhmat mulai
mendapat tempat di hati masyarakat sekitar dan permintaannyapun selalu
meningkat.
Dalam perkembangannya, pabrik yang terletak di Jl. Mlaten
Trenggulun ternyata tidak mampu lagi memenuhi kapasitas produksi yang besar
akibat permintaan pasar yang terus meningkat, dan di tahun 1984 pabrik
dipindahkan ke Lingkungan Industri Kecil di Jl. Kaligawe, Semarang dan memulai
melakukan modernisasi pabrik. Pada tanggal 11 November 2000, PT Sido
Muncul meresmikan pabrik baru di Ungaran
yang lebih luas dan modern dengan melengkapi mesin-mesin modern, demikian pula
jumlah karyawannya ditambah sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan ( kini
jumlahnya mencapai lebih dari 2000 orang ). serta memperoleh penghargaan dari
Menteri Kesehatan sebagai Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan
Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) setara dengan farmasi, dan sertifikat
inilah yang menjadikan PT. Sido Muncul sebagai satu-satunya pabrik jamu
berstandar farmasi. Lalu pada tanggal 10 Pebruari 2010 acara peletakan batu
pertama pembangunan pabrik bahan baku herbal seluas 3.000 m2.
TUJUAN
ORGANISASINYA
Organisasi yang diterapkan adalah organisasi laba,yang berarti
suatu organisasi yang salah satu tujuannya adalah mendapatkan laba dalam
kegiatannya atau produksinya.
PT. Sido Muncul untuk mengejar kesuksesannya berupaya agar produk
yang dibuat terus laku di pasaran dengan
selalu melakukan inovasi dalam berproduksi dan tetap berkualitas tinggi
sehingga produk yang dijual akan terus mendatangkan keuntungan.
LAIN-LAIN
Mengenai logo yang menjadi simbol PT. Sido Muncul berupa gambar
seorang ibu dengan satu orang anak adalah gambar dari Ny. Rahkmat Sulistio dan
Bapak Irwan Hidayat. Ny. Rakhmat Sulistio merupakan pendiri Jamu Sido Muncul,
sedangkan Irwan Hidayat adalah cucu dari Ny Rakhmat Sulistio yang pada saat itu
baru berusia 4 tahun.
2.Efisiensi dan efektifitas PT. Sido Muncul
| PROSES
PRODUKSI
Proses produksi jamu di PT. Sido Muncul ini yang pertama adalah
penerimaan bahan baku, bahan baku yang datang segera dicek QC (Quality
Control), setelah terbukti memenuhi standar penerimaan dan standar penggunaan
kemudian bahan baku dimasukkan ke dalam gudang penyimpanan bahan baku. Bahan
baku yang akan dipakai diambil dari gudang penyimpanan bahan baku kemudian
disortasi, setelah disortasi kemudian bahan baku dicuci, dikeringkan, digiling,
baru kemudian dicampur (mixing).
Dalam proses pencampuran bahan ini kami tidak diperkenankan untuk
melihatnya karena merupakan rahasia perusahaan. Sesudah proses pencampuran
selesai kemudian hasilnya dialirkan melalui pipa-pipa untuk dilakukan proses
pengemasan primer (packaging primer) menggunakan mesin dua line dan delapan
line. Kemudian masuk ke proses pengemasan sekunder (packaging sekunder), disini
produk yang sudah jadi dicek kembali dengan cara uji sampel. Setelah selesai
proses pengemasan sekunder kemudian produk siap untuk didistribusikan.
| HASIL PRODUKSI
Ø Tipe serbuk : Kuku Bima,
Kuku Bima Ginseng, Kuku Bima TL, Kuku Bima Plus Ttribulus.
Ø Tipe saset : Tolak Angin,
Tolak Angin Ekstra Hangat
Ø Tipe saset hisap : Tolak
angin Permen
Ø Tipe Fls : Tolak angin
Anak, Tolak Angin Flu
Ø Tipe Botol : Kuku Bima
Ener-G
| Sistem
Efisiensi Yang Dilakukan
Dengan menggunakan system padat modal dan juga padat karya Sido
Muncul cenderung mempunyai pengeluaran yang banyak terutama beban gaji dan juga
perbaikan mesin.
Performance
Yang Didapatkan
Produk yang dihasilkan lebih banyak sehingga dapat menutupi semua
pengeluaran serta memperoleh laba yang besar dan Perusahaan Sido Muncul
menghasilkan produk higienis dan ber mutu baik yang telah di kenal oleh
masyarakat sejak saat 2002.
| System
efektifitas yang dilakukan
Walau mempunyai pengeluaran yang besar tapi hasil produk yang
dikeluarkan akan memperoleh laba yang tinggi per hari nya,karena produk yang
dihasilkan juga berjumlah sangat banyak melebihi perusahaan jamu lainnya
sehingga keberlangsungan usahanya tidak mengalami kemunduran dan past na ikut
serta dalam mengurangi pengangguran di Indonesia.
| System ekonomis yang dilakukan
Laba yang dihasilkan akan menjadi lebih banyak karena bahan baku
yang digunakan ber bahan alami sehingga tidak memerlukan modal yang besar.
Dengan selalu menggunakan bahan dari alam yang berkualitas tinggi dan juga
melakukan proses penanaman kembali,Sido Muncul ikut serta dalam membudidayakan
konservasi di Indonesia.
3. Fungsi manajemen yang dilakukan
· Fungsi planning
Perencanaan jangka panjang
“fokus pada obat alam, ekspansi keluar pasar Indonesia,
pengembangan brand produk-produk sesuai kebutuhan pasar ,dengan memperkuat
pasar dalam negeri, meningkatkan kapasitas pabrik, Brand Product (Kuku Bima
Energi, Tolak Angin, Jamu Komplit) dan lain nya dan dapat terus melakukan
inovasi dalam berproduksi yang akan terus laris di pasar nasional maupun
internasional.
PT. Sido Muncul,juga memplanningkan pembuatan pabrik baru yang
ditarget kan pada akhir tahun 2014.
Dikarenakan untuk menunjang produksi yang semakin besar.
PT.Sido Muncul bekerja sama
dengan Developer PT. Sakti Berkembang untuk membangun pabrik baru di daerah
Semarang, Jawa Tengah, dengan melakukan pembelian tanah lalu akan dilakukan
pembangun Perusahaan oleh Developer PT. Sakti Berkembang
· Fungsi organising
Fungsi yang digunakan adalah fungsi organisasi laba karena di
setiap produksi nya PT. Sido Muncul berusaha untuk memperoleh keuntungan
maksimum dengan biaya minimum untuk keberlangsungan usaha PT. Sido Muncul
· Fungsi actuating
Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh PT. SidoMuncul untuk
melakukan transformasi dari perusahaan lokal menjadi nasional dan International
adalah :
1. PT. SidoMuncul melakukan scan perubahan
lingkungan dengan baik dan menyadari bahwa masyarakat Indonesia membutuhkan
obat-obatan dan suplemen tradisional.
2. PT. SidoMuncul juga
mampu melihat dan mengantisipasi perkembangan pasar dengan melakukan perluasan
kapasitas produksi untuk mengantisipasi permintaan produk yang semakin
meningkat.
3. PT. SidoMuncul selalu
inovasi produk untuk memenuhi kebutuhan dalam dan luar negeri.
4. PT. SidoMuncul selalu
melakukan kegiatan aktivasi komunikasi produknya kepada masyarakat Indonesia
dengan konsisten dan selalu menggali keunikan-keunikan, potensi budaya serta keindahan alam Indonesia
untuk kegiatan promosi produk perusahaan.
5. PT. SidoMuncul
memiliki sistem yang kuat untuk dapat mengintegrasikan seluruh kegiatan
perusahaan dengan baik dan tepat.
6. PT. Sidomuncul
memiliki SDM yang berkualitas untuk menghasilkan produk, strategy marketing yang berkualitas dan
terbukti dengan banyaknya penghargaan yang diterima oleh perusahaan, seperti :
Best Encouragement Product 2003, Solo Customer Satisfaction Index 2003, Best
Brand 2003, Kehati Award 2001 dan masih banyak lagi penghargaan yang diterima
oleh perusahaan.
· Fungsi controlling
Fungsi pengendalian kualitas bahan baku yang dilakukan ialah :
Ø Pemisahan kotoran
(penyortiran)
Ø Pemotongan, guna
mempermudah proses penghalusan
Ø Pencucian kembali untuk
memastikan bahan benar-benar bersih
Ø Dikeringkan menggunakan
oven
Ø Penyortiran bahan kering,
bahan yang berkualitaslah yang dipilih
Ø Masuk dalam pengamatan
tim pengendali mutu, guna memastikan sudahkah bahan baku memenuhi standar
4. Lingkungan internal dan eksternal PT. Sido Muncul
A. Analisis Lingkungan Internal
1. Ringkasan profil
Sido Muncul bermula dari sebuah industri rumahan pada tahun 1940,
yang dikelola Ny Rahmat Sulistio di Yogyakarta dengan hanya dibantu tiga
karyawan, selanjutnya seiring dengan perkembangan jaman. Pada tahun 1951
didirikan perusahaan sederhana dengan nama Sido Muncul yang berarti “Impian
yang terwujud” di Semarang. Dengan produk pertama dan andalan adalah jamu Tolak
Angin produk Ny. Rahmat mulai mendapat tempat di hati masyarakat.
Dalam perkembangannya, pabrik ini tidak mampu lagi memenuhi
kapasitas produksi yang besar akibat permintaan pasar yang terus meningkat dan
guna mengakomodasi permintaan pasar pabrik mulai dilengkapi dengan mesin-mesin
modern
Untuk mengantisipasi di masa mendatang dirasa perlu untuk membantu
pabrik yang lebih besar dan modern. Maka, pada tahun 1997 dimulai pembangunan
pabrik baru di Klepu, Ungaran.
Pabrik baru tersebut diresmikan oleh Menteri Kesehatan dan
Kesejahteraan Indonesia pada 11 November 2000.
Saat di resmikan, Sido Muncul mendapat dua sertifikat, yaitu cara
Pembuatan Obat Tradisional (CPOT) dan cara pembuatan obat yang baik (CPOB) setara
dengan farmasi. Sertifikat inilah yang menjadikan Sido Muncul sebagai
satu-satunya pabrik jamu yang berstandar farmasi.
2. Professional
Perusahaan sido muncul mempunyai tenaga ahli dari berbagai disiplin
ilmu, konsultan yang ahli dibidangnya. Perusahaan sidomuncul tidak ingin
menghasilkan limbah yang dapat merusak alam, untuk menangani limbah air
dipasang instalasi pengolahan air lembah sehingga air limbah dapat diolah
menjadi air yang bisa digunakan untuk menyiram tanaman. Sedangkan limbah padat
dari buangan sisa ekstraksi akan diolah menjadi pupuk organic yang bias
digunakan untuk memupuk tanaman. Dengan upaya penanganan limbah tersebut,
diharapkan PT Sidomuncul menjadi perusahaan yang ramah lingkungan, dan lokasi
seputar pabrik menjadi asri karena tanaman tumbuh subur.
3. People/karyawan
Dalam meningkatkan produknya PT Sido Muncul didukung oleh karyawan
yang mempunyai keahlian sehingga menjadikan perusahaan lebih berkonsentrasi dan
inovatif . Untuk meningkatkan kemampuan para karyawannya diberikan kesempatan
mengikuti pelatihan kursus maupun seminar sehingga seluruh karyawan dapat
melakukan perbaikan dan pembaharuan.
Saat ini karyawan Sido Muncul berjumlah lebih dari 2000 dengan
tingkat pendidikan bervariasi dan ditempatkan sesuai keahlian, kemampuan, dan
kapasitas nya masing-masing.Seperti manajer, super visor, karyawan
produksi,dll.
Untuk mendukung pengembangan PT Sido Muncul juga merekrut konsultan
yang ahli dibidang nya,seperti apoteker, dokter umum, dokter gigi, dokter
spesialis.
4. Peran Public/masyarakat sekitar
Diharapkan masyarakat dapat memberikan kritik saran untuk
mengembangkan produk-produk sidomuncul.
5. Fasilitas
Perusahaan sidomuncul memiliki fasilitas pabrik yang lengkap.
Fasilitasnya antara lain
1. Laboratorium
a. Laboratorium instrumentasi
b. Laboratorium farmakologi
c. Laboratorium formulasi
d. Laboratorium famakognost
e. Laboratorium stabilitas
f. Laboratorium kimia
2. Kebun percobaan dan budaya tanaman obat
3. Extraction centre
4. Pengolahan air bersih
5. Pengolahan air limbah
6. Perpustakaan
7. Klinik holistic.
Sumber daya manusia yang berkualitas, mempunyai agrowisata yang
digunakan untuk mengoleksi tanaman dan perusahaan Sido muncul merupakan
perusahaan jamu pertama di Indonesia.
6. Penghargaan
Penghargaan yang diterima Sido Muncul Golden Brand Award untuk
produk Kuku Bima tahun n2005, penghargaan merk dagang unggulan Indonesia 2003,
meraih cakram aword untuk kategori pengiklanan terbaik tahun 2002.
7. Manajer-manajer yang
digunakan PT. Sido muncul
1. Manajer pemasaran
2. Manajer keuangan
3. Manajer operasional
4. Manajer personalia
5. Manajer administrasi
6. Manajer peneliti dan
pengembangan
B. Analisis Lingkungan Eksternal
1. Lingkungan Tugas
a. Pemasok
PT Sido Muncul, mendapatkan bahan baku diperoleh dari pemasok
luar/pengumpul dalam bentuk kering yang berasal dari Wonogiri, Purwokerto,
Purworejo, Ambarawa dan Jawa Timur. Bentuk bahan baku berupa daun atau rimpang.
Proses pembelian dilakukan setiap panen raya
b. Pesaing
Perusahaan-perusahaan pesaing perusahaan Sido Muncul antara lain :
- PT Air Mancur
Produsen jamu dan kosmetika air mancur
- PT Industri jamu Borobudur
- PT jamu Iboe Jaya
- PT Industri jamu Jago
- PT jamu Indonesia Simona
- Dan lain-lain perusahaan farmasi
c. Perantara
Perusahaan Sido Muncul mempunyai banyak distributor untuk
memasarkan produknya kepada konsumen seperti :
- Toko obat
- Apotik
- Toko klontong
- Swalayan
- Warung jamu
- Asongan
- Dan toko kecil lainnya
d. Pelanggan
Perusahaan Sido Muncul telah mempunyai pelanggan dari masyarakat
kelas atas menengah dan kebawah karena biasanya masyarakat lebih memilih produk
herbal atau alami dari pada obat-obatan yang mengandung zat kimia karena pada
obat-obatan zat kimia akan menimbulkan efek samping terhadap tubuh.
e. Publik
Jamu biasanya lebih banyak di konsumsi oleh masyarakat pedesaan
atau masyarakat tradisional karena jamu dibuat berdasarkan pengalaman dari
nenek moyang yang turun menurun. Sehingga perusahaan Sido Muncul mengambil
pengalaman tersebut kemudian memproduksi berbagai jenis jamu yang dapat
bermanfaat menyembuhkan penyakit tanpa menimbulkan efek samping.
2. Lingkungan Umum
a. Lingkungan ekonomi
1) Ketidak seimbangan pasar terhadap harga bahan baku menyebabkan
produksi jamu tidak dapat memproduksi maju mundurnya suatu usaha.
2) Besar kecilnya pajak yang wajib dikeluarkan berdasarkan industri
yang dibangun sangat mempengaruhi maju mundurnya suatu usaha. Pajak yang
dikenakan atas industri ini berupa PPh, PBB, Bea Cukai dan lain-lain.
3) Beban biaya yang dikeluarkan claim dari pajak antara lain
retribusi, beban penggunaan listrik bagi industri, beban angkut dan lain-lain.
b. Lingkungan alam
1) Bangkitnya gerakan lingkungan
2) Mengolah limbah menjadi limbang ramah lingkungan
c. Lingkungan tehnologi
Tegnologi yang dimiliki perusahaan Sido Muncul sangat mempengaruhi
produk –produk yang dihasilkan. Perusahaan Sido Muncul di pasaran mempunyai
tempat yang bagus sehingga Sido Muncul sangat mempengaruhi peredaran jamu di
Indonesia.
d. Lingkungan politik
Setiap perusahaan pasti diatur oleh undang-undang. Perusahaan sido
muncul sebagai satu-satunya pabrik jamu yang berstandar farmasi UU RI no 7
tahun 1963 tentang farmasi, pasal 4 tentang produksi dan distribusi perbekalan
di bidang farmasi di tetapkan dengan peraturan. Perundang-undangan misalkan
tentang perihal impor/ekspor penyedia obat-obatan ditetapkan dengan peraturan
pemerintah. Hal-hal mengenai konsumsi dan pekerjaan kerfarmasian diatur dengan
peraturan menteri kesehatan.
e. Lingkungan kulturan
Perusahaan Sido Muncul dalam pembuatan produk-produknya menggunakan
bahan-bahan alami atau herbal dan mengolahnya dengan tradisional.
5.Bagian manajemen dan aktivitasnya
| Analisis Strategi Pemasaran PT Sido Muncul
Penjualan produk PT Sido Muncul diprediksikan selama tahun ini
meningkat sekitar 25% dibandingkan dengan tahun lalu, sedangkan nilainya akan
naik 35%, terkait dengan kenaikan harga sejumlah produk.
Permintaan dari pasar dalam negeri yang cukup baik membuat
persentase ekspor produk Sido Muncul turun yakni hanya sebanyak 5% dari seluruh
produk yang dijual. Namun, dari segi volume, kinerja ekspor selama tahun ini
justru naik dua kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu."Pasar ekspor
masih bagus, tetapi permintaan di pasar domestik juga masih bertumbuh dengan
baik, sehingga kami tetap memfokuskan pasar lokal."
Untuk menarik konsumennya, PT Sido Muncul mengeluarkan beberapa
macam kemasan yang mudah dikenali dan diingat oleh masyarakat. Di samping itu
kemasan dari produk produk PT sidomuncul sangatlah praktis untuk di gunakan
oleh konsumenya. Dengan adanya variasi warna pada kemasan bungkus produk
mereka, masyarakat lebih antusias untuk mengkonsumsi produk mereka.
PT sidomuncul menawarkan berbagai macam produk dengan harga yang
bervariasi dan terjangkau. Dan dapat dinikmati oleh berbagai konsumen. Dengan
harga yang terjangkau tentu saja Produk-Produk dari PT sidomuncul dapat di
temukan di mana saja. Karena produk mereka lebih menekankan kepada produk
tradisional (jamu) namun di kelola secara modern
| Pemasaran yang dilakukan atau Marketing Mix
Dilakukan melalui
penyaluran ke agen-agen.PT Sidomuncul memiliki 4 konsep pemasaran yaitu
(product,promotion,price and place).Di PT Sido Muncul apabila ada produk yang
tidak terjual di gudang sementara sudah mendekati masa ED (expired data) atau
sudah ED maka perusahaan akan segera menukarkan kembali ke kantor pusat dengan
produk baru yang sejenis dalam jumlah yang sama.
| Alternatif Strategi pemasaran
PT Sido Muncul hendaknya menggunakan S (Strenghth) untuk mengatasi
T (Threatment), sehingga PT Sido Muncul melakukan difersifikasi produk.
Hal ini selaras dengan strategi yang telah digunakan PT Sido Muncul
saat ini, yaitu dengan cara memproduksi berbagai produk diantaranya :
1. Kuku Bima (8 macam)
2. Tolak Angin (3 Macam)
3. Permen (2 Macam)
4. Jamu Tradisional (56 macam)
5. Jamu Komplit Instan (4 macam)
6. Jamu Komplit (6 macam)
7. Food Suplemen (34 macam)
8. Minuman Kesehatan (17 macam)
| Penerapan STP dalam Sido Muncul
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi marketing
(segmenting, targeting, positioning) yang dilakukan Tolak Angin cair dan
persepsi konsumen berkiatan dengan penerapan strategi tersebut. Metode
Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif pada perusahaan dan kuantitatif pada konsumen sido muncul
A.SEGMENTING
Perusahaan melakukan segementasi untuk masyarakat yang tinggal di
wilayah perkotaan, modern, berpendidikan tinggi, kelas sosial menengah keatas
dan gaya hidup tinggi.
B.TARGETING
Target pasar model, artis, kalangan akademisi, mahasiswa, anak muda
etnis Tionghoa, orang yang memiliki prestasi dibidangnya, pengusaha ataupun
karyawan kantor
C.POSITIONING
Memposisikan produk yang simpel dan praktis dimana konsumennya
adalah orang yang menyukai jamu bukan karena rasa dan ritualnya tetapi
manfaatnya.
| Analisis SWOT
1. Ringkasan SWOT
a. Strength
1. Keahlian dalam inovasi
produk
2. Produksi rendah biaya
3. Jangkauan distribusi
luas
4. Kecepatan dalam
menjangkau konsumen
5. Brand yang sudah terkenal
6. SDM yang handal
PT Sidomuncul di dukung lebih dari 2000 karyawan dengan tingkat
pendidikan yang bervariasi dan ditempatkan sesuai dengan keahliannya serta Sido
Muncul juga memiliki tenaga ahli juga memiliki tenaga ahli dari berbagai
disiplin ilmu.
7. Fasilitas pabrik yang lengkap
Dengan standar pabrik CPOB (Standar Pabrik Farmasi) maka Sido
Muncul memiliki berbagai fasilitas guna mendukung produksi.
8. Merupakan perusahaan jamu terbesar di Indonesia
Sido Muncul merupakan pabrik jamu terbesar yang ada di Indonesia
dan merupakan pionir bagi pabrik jamu lainnya.
9. Distribusi tersebr di seluruh wilayah Indonesia
Sido muncul berhasil menarik pelanggan di seluruh wilayah di
Indonesia, baik daerah perkotaan maupun pedesaan maka dari itu distribusi
produk Sido Muncul juga menyeluruh hingga ke seluruh wilayah Indonesia.
10. Produk terjangkau
Harga dari produk PT Sido Muncul sangat terjangkau pada seluruh
lapisan masyarakat.
b. Weakness
1. Terlalu banyak Brand
yang dikeluarkan
2. Permintaan pasar yang belum
terpenuhi
3. Beberapa tahun lalu bintang iklan PT Sido Muncul menggunaka
Sophia Latjuba yang kemudian terjaddi masalah pribadi (antara Sophia Latjuba
dan kekasihnya yang berasal dari Amerika) sehingga menyebabkan iklan itu jarang
muncul di TV tetapi sudah diselesaikan dengan menggunakan bintang iklan yang
baru
4. PT Sido Muncul belum mempunyai alat untuk mengeringkan bahan
baku sehingga hanya mengandalkan cara tradisional (matahari) sehingga pada
musim hujan pengeringan tidak sempurna. Untuk mengatasi masalah tersebut PT
Sido Muncul mengambil bahan baku dari pengumpul.
c. Opportunity (Kesempatan)
1. Melakukan ekspansi ke
luar negeri
2. Melakukan join dengan
perusahaan yang memiliki produk yang sejenis
3. Melakukan diversifikasi
terhadap produk lain
4. Teknologi
Diera modern ini dibutuhkan peralatan/teknologi yang canggih untuk
mendukung proses kerja yang dituntut serba cepat dan higienis karena PT Sido
Muncul yang merupakan pabrik berstandar pabrik farmasi memiliki fasilitas
laboratorium, pengolahan air bersih, pengolahan air limbah.
5) Selera masyarakat
Perubahan gaya hidup serba instant membuat masyarakat kembali
kepada produk-produk herbal (obat-obatan tradisional), karena dirasa
produk-produk herbal dapat memberikan banyak manfaat dan tidak menimbulkan efek
samping. Hal ini sejalan dengan misi PT Sido Muncul
6) Menjadi sponsor dalam berbagai promosi kesehatan
Dengan menjadi salah sati sponsopr dalam berbagai kegiatan promosi
kesehatan dapat membentuk suatu image yang bagus.
d. Threatment/ancaman
1. Pesaing
Ketatnya persaingan yang
dilakukan pesaing dalam hal iklan maupun inovasi
(a) Karena kini slera
masyarakat banyak yang beralih kepada obat-obat tradisional, menyebabkan
permintaan akan produk-produk herbal terus meningkat, sehingga PT Sido Muncul
yang merupakan perusahaan jamu pertama kali di Indonesia menjadi besar dan
berkembang dan tidak heran jika saat ini banyak pesaing-pesaing yang mencoba
mendirikan perusahaan obat tradisional dan tidak tanggung-tanggung mencoba
untuk menjatuhkan image produk Sido Muncul dengan cara “Memlesetkan” salah satu
iklan dari PT Sido Muncul.
(b) Jamu-jamu bahan kimia obat (BKO) yang merebak di Indonesia saat
ini (ex : Koperasi perusahaan jamu BKO di Cilacap) menjadi sebuah persaingan
yang tidak sehat di industri jamu, perusahaan-perusahaan tersebut hanya mencari
keuntungan semata, dan tidak memikirkan bahayanya terhadap konsumen.
2. Tidak fokus terhadap satu
jenis produk
3. Krisis ekonomi
Ditengah krisis ekonomi saat ini menyebabkan kondisi bahan-bahan baku
produk tidak stabil, pembiayaan proses produksi, distribusi dan lain-lain
menjadi semakin mahal, karenanya dibutuhkan solusi yang tepat bagi PT Sido
Muncul untuk menyiasati kondisi seperti ini.
| Penerapan 4P dalam PT.Sido Muncul
a. Produk
Sido muncul memproduksi berbagai macam produk yang beredar di
pasaran, diantaranya :
- Jamu
- Jamu insntan
- Food supplement
- Dan lain-lain
b. Price/harga
Harga produk-produk sido muncul sangat terjangkau oleh semua
lapisan masyarakat
c. Place/tempat
Tempat produksi produk-produk sidomuncul berada di pabrik
sidomuncul yang beralamat di jalan Soekarno Hatta km 28 Kecamatan Bergas –
Klepu Semarang, Indonesia.
Distribusi produk-produk Sidomuncul terjangkau di seluruh Indonesia
di perkotaan maupun di pedesaan.
d. Promotion/promosi
Sidomuncul melakukan promosi dengan melakukan :
- Publikasi
Lewat audio
Lewat visual
Lewa audio visual
- Promosi penjualan
Dengan memberikan diskon
- Bantuan social
- Seminar kesehatan
- Sponsor dari berbagai macam acara. Contohnya di acara inbox,
Thomas cup dan uber cup.