Rss

Monday 6 April 2015

makalah PT.sido muncul

1.Diskripsi singkat PT. Sido Muncul
*      Apa itu pt. sidomuncul ?
Sido muncul adalah perusahaan jamu herbal yang telah berdiri sejak tahun 1951, yang kini merupakan perusahaan herbal bertaraf modern yang selalu berupaya untuk memberikan produk-produk terbaik dan menyehatkan bagi seluruh konsumennya, dengan tetap menggunakan bahan-bahan alamiah yang berkualitas tinggi dan segar.
SidoMuncul juga mengembangkan penelitian, ilmu pengetahuan, dan teknologi dalam menjalankan proses-proses produksi untuk setiap produk yang akan dijual, dan terus menciptakan inovasi berupa temuan-temuan baru yang berkhasiat tinggi bagi seluruh kalangan masyarakat.

v  Visi dari pt. Sido Muncul
Menjadi industri jamu yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan.
v  Misi dari pt. sido muncul
a.       Meningkatkan mutu pelayanan di bidang herbal tradisional
b.      Mengembangkan research / penelitian yang berhubungan dengan pengembangan pengobatan dengan bahan-bahan alami.
c.       Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membina kesehatan melalui pola hidup sehat, pemakaian bahan-bahan alami dan pengobatan secara tradisional
d.      Ikut mendorong pemerintah / instansi resmi agar lebih berperan dalam pengembangan pengobatan tradisional.


*      SEJARAH PT.SIDOMUNCUL
PT. SidoMuncul bermula dari sebuah industri rumah tangga pada tahun 1940, dikelola oleh Ibu Rahkmat Sulistio di Yogyakarta, dan dibantu oleh tiga orang karyawan. Karena banyaknya permintaan terhadap kemasan jamu yang lebih praktis, mendorong beliau memproduksi jamu dalam bentuk yang praktis (serbuk), seiring dengan kepindahan beliau ke Semarang , maka pada tahun 1951 didirikan perusahan sederhana dengan nama SidoMuncul yang berarti "Impian yang terwujud" dengan lokasi di Jl. Mlaten Trenggulun. Dengan produk pertama dan menjadi andalan, Jamu Tolak Angin, produk jamu buatan Ibu Rakhmat mulai mendapat tempat di hati masyarakat sekitar dan permintaannyapun selalu meningkat.
Dalam perkembangannya, pabrik yang terletak di Jl. Mlaten Trenggulun ternyata tidak mampu lagi memenuhi kapasitas produksi yang besar akibat permintaan pasar yang terus meningkat, dan di tahun 1984 pabrik dipindahkan ke Lingkungan Industri Kecil di Jl. Kaligawe, Semarang dan memulai melakukan modernisasi pabrik. Pada tanggal 11 November 2000, PT Sido Muncul  meresmikan pabrik baru di Ungaran yang lebih luas dan modern dengan melengkapi mesin-mesin modern, demikian pula jumlah karyawannya ditambah sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan ( kini jumlahnya mencapai lebih dari 2000 orang ). serta memperoleh penghargaan dari Menteri Kesehatan sebagai Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) setara dengan farmasi, dan sertifikat inilah yang menjadikan PT. Sido Muncul sebagai satu-satunya pabrik jamu berstandar farmasi. Lalu pada tanggal 10 Pebruari 2010 acara peletakan batu pertama pembangunan pabrik bahan baku herbal seluas 3.000 m2.


*      TUJUAN ORGANISASINYA
Organisasi yang diterapkan adalah organisasi laba,yang berarti suatu organisasi yang salah satu tujuannya adalah mendapatkan laba dalam kegiatannya atau produksinya.
PT. Sido Muncul untuk mengejar kesuksesannya berupaya agar produk yang dibuat terus laku di pasaran  dengan selalu melakukan inovasi dalam berproduksi dan tetap berkualitas tinggi sehingga produk yang dijual akan terus mendatangkan keuntungan.
*      LAIN-LAIN
Mengenai logo yang menjadi simbol PT. Sido Muncul berupa gambar seorang ibu dengan satu orang anak adalah gambar dari Ny. Rahkmat Sulistio dan Bapak Irwan Hidayat. Ny. Rakhmat Sulistio merupakan pendiri Jamu Sido Muncul, sedangkan Irwan Hidayat adalah cucu dari Ny Rakhmat Sulistio yang pada saat itu baru berusia 4 tahun.
2.Efisiensi dan efektifitas PT. Sido Muncul
*      | PROSES PRODUKSI
Proses produksi jamu di PT. Sido Muncul ini yang pertama adalah penerimaan bahan baku, bahan baku yang datang segera dicek QC (Quality Control), setelah terbukti memenuhi standar penerimaan dan standar penggunaan kemudian bahan baku dimasukkan ke dalam gudang penyimpanan bahan baku. Bahan baku yang akan dipakai diambil dari gudang penyimpanan bahan baku kemudian disortasi, setelah disortasi kemudian bahan baku dicuci, dikeringkan, digiling, baru kemudian dicampur (mixing).
Dalam proses pencampuran bahan ini kami tidak diperkenankan untuk melihatnya karena merupakan rahasia perusahaan. Sesudah proses pencampuran selesai kemudian hasilnya dialirkan melalui pipa-pipa untuk dilakukan proses pengemasan primer (packaging primer) menggunakan mesin dua line dan delapan line. Kemudian masuk ke proses pengemasan sekunder (packaging sekunder), disini produk yang sudah jadi dicek kembali dengan cara uji sampel. Setelah selesai proses pengemasan sekunder kemudian produk siap untuk didistribusikan.
*      HASIL PRODUKSI
Ø  Tipe serbuk : Kuku Bima, Kuku Bima Ginseng, Kuku Bima TL, Kuku Bima Plus Ttribulus.
Ø  Tipe saset : Tolak Angin, Tolak Angin Ekstra Hangat
Ø  Tipe saset hisap : Tolak angin Permen
Ø  Tipe Fls : Tolak angin Anak, Tolak Angin Flu
Ø  Tipe Botol : Kuku Bima Ener-G
*      | Sistem Efisiensi Yang Dilakukan
Dengan menggunakan system padat modal dan juga padat karya Sido Muncul cenderung mempunyai pengeluaran yang banyak terutama beban gaji dan juga perbaikan mesin.
*      Performance Yang Didapatkan
Produk yang dihasilkan lebih banyak sehingga dapat menutupi semua pengeluaran serta memperoleh laba yang besar dan Perusahaan Sido Muncul menghasilkan produk higienis dan ber mutu baik yang telah di kenal oleh masyarakat sejak saat 2002.

*      | System efektifitas yang dilakukan
Walau mempunyai pengeluaran yang besar tapi hasil produk yang dikeluarkan akan memperoleh laba yang tinggi per hari nya,karena produk yang dihasilkan juga berjumlah sangat banyak melebihi perusahaan jamu lainnya sehingga keberlangsungan usahanya tidak mengalami kemunduran dan past na ikut serta dalam mengurangi pengangguran di Indonesia.

| System ekonomis yang dilakukan
Laba yang dihasilkan akan menjadi lebih banyak karena bahan baku yang digunakan ber bahan alami sehingga tidak memerlukan modal yang besar. Dengan selalu menggunakan bahan dari alam yang berkualitas tinggi dan juga melakukan proses penanaman kembali,Sido Muncul ikut serta dalam membudidayakan konservasi di Indonesia.



3. Fungsi manajemen yang dilakukan
·        Fungsi planning
Perencanaan jangka panjang
“fokus pada obat alam, ekspansi keluar pasar Indonesia, pengembangan brand produk-produk sesuai kebutuhan pasar ,dengan memperkuat pasar dalam negeri, meningkatkan kapasitas pabrik, Brand Product (Kuku Bima Energi, Tolak Angin, Jamu Komplit) dan lain nya dan dapat terus melakukan inovasi dalam berproduksi yang akan terus laris di pasar nasional maupun internasional.
PT. Sido Muncul,juga memplanningkan pembuatan pabrik baru yang ditarget kan pada  akhir tahun 2014.
Dikarenakan untuk menunjang produksi yang semakin besar.
 PT.Sido Muncul bekerja sama dengan Developer PT. Sakti Berkembang untuk membangun pabrik baru di daerah Semarang, Jawa Tengah, dengan melakukan pembelian tanah lalu akan dilakukan pembangun Perusahaan oleh Developer PT. Sakti Berkembang
·        Fungsi organising
Fungsi yang digunakan adalah fungsi organisasi laba karena di setiap produksi nya PT. Sido Muncul berusaha untuk memperoleh keuntungan maksimum dengan biaya minimum untuk keberlangsungan usaha PT. Sido Muncul
·        Fungsi actuating
Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh PT. SidoMuncul untuk melakukan transformasi dari perusahaan lokal menjadi nasional dan International adalah :
1.      PT. SidoMuncul melakukan scan perubahan lingkungan dengan baik dan menyadari bahwa masyarakat Indonesia membutuhkan obat-obatan dan suplemen tradisional.
2.     PT. SidoMuncul juga mampu melihat dan mengantisipasi perkembangan pasar dengan melakukan perluasan kapasitas produksi untuk mengantisipasi permintaan produk yang semakin meningkat.
3.     PT. SidoMuncul selalu inovasi produk untuk memenuhi kebutuhan dalam dan luar negeri.
4.     PT. SidoMuncul selalu melakukan kegiatan aktivasi komunikasi produknya kepada masyarakat Indonesia dengan konsisten dan selalu menggali keunikan-keunikan,  potensi budaya serta keindahan alam Indonesia untuk kegiatan promosi produk perusahaan.
5.     PT. SidoMuncul memiliki sistem yang kuat untuk dapat mengintegrasikan seluruh kegiatan perusahaan dengan baik dan tepat.
6.     PT. Sidomuncul memiliki SDM yang berkualitas untuk menghasilkan produk,  strategy marketing yang berkualitas dan terbukti dengan banyaknya penghargaan yang diterima oleh perusahaan, seperti : Best Encouragement Product 2003, Solo Customer Satisfaction Index 2003, Best Brand 2003, Kehati Award 2001 dan masih banyak lagi penghargaan yang diterima oleh perusahaan.
·        Fungsi controlling
Fungsi pengendalian kualitas bahan baku yang dilakukan ialah :
Ø  Pemisahan kotoran (penyortiran)
Ø  Pemotongan, guna mempermudah proses penghalusan
Ø  Pencucian kembali untuk memastikan bahan benar-benar bersih
Ø  Dikeringkan menggunakan oven
Ø  Penyortiran bahan kering, bahan yang berkualitaslah yang dipilih
Ø   Masuk dalam pengamatan tim pengendali mutu, guna memastikan sudahkah bahan baku memenuhi standar


4. Lingkungan internal dan eksternal PT. Sido Muncul
A. Analisis Lingkungan Internal
1. Ringkasan profil
Sido Muncul bermula dari sebuah industri rumahan pada tahun 1940, yang dikelola Ny Rahmat Sulistio di Yogyakarta dengan hanya dibantu tiga karyawan, selanjutnya seiring dengan perkembangan jaman. Pada tahun 1951 didirikan perusahaan sederhana dengan nama Sido Muncul yang berarti “Impian yang terwujud” di Semarang. Dengan produk pertama dan andalan adalah jamu Tolak Angin produk Ny. Rahmat mulai mendapat tempat di hati masyarakat.
Dalam perkembangannya, pabrik ini tidak mampu lagi memenuhi kapasitas produksi yang besar akibat permintaan pasar yang terus meningkat dan guna mengakomodasi permintaan pasar pabrik mulai dilengkapi dengan mesin-mesin modern
Untuk mengantisipasi di masa mendatang dirasa perlu untuk membantu pabrik yang lebih besar dan modern. Maka, pada tahun 1997 dimulai pembangunan pabrik baru di Klepu, Ungaran.
Pabrik baru tersebut diresmikan oleh Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Indonesia pada 11 November 2000.
Saat di resmikan, Sido Muncul mendapat dua sertifikat, yaitu cara Pembuatan Obat Tradisional (CPOT) dan cara pembuatan obat yang baik (CPOB) setara dengan farmasi. Sertifikat inilah yang menjadikan Sido Muncul sebagai satu-satunya pabrik jamu yang berstandar farmasi.
2. Professional
Perusahaan sido muncul mempunyai tenaga ahli dari berbagai disiplin ilmu, konsultan yang ahli dibidangnya. Perusahaan sidomuncul tidak ingin menghasilkan limbah yang dapat merusak alam, untuk menangani limbah air dipasang instalasi pengolahan air lembah sehingga air limbah dapat diolah menjadi air yang bisa digunakan untuk menyiram tanaman. Sedangkan limbah padat dari buangan sisa ekstraksi akan diolah menjadi pupuk organic yang bias digunakan untuk memupuk tanaman. Dengan upaya penanganan limbah tersebut, diharapkan PT Sidomuncul menjadi perusahaan yang ramah lingkungan, dan lokasi seputar pabrik menjadi asri karena tanaman tumbuh subur.
3. People/karyawan
Dalam meningkatkan produknya PT Sido Muncul didukung oleh karyawan yang mempunyai keahlian sehingga menjadikan perusahaan lebih berkonsentrasi dan inovatif . Untuk meningkatkan kemampuan para karyawannya diberikan kesempatan mengikuti pelatihan kursus maupun seminar sehingga seluruh karyawan dapat melakukan perbaikan dan pembaharuan.
Saat ini karyawan Sido Muncul berjumlah lebih dari 2000 dengan tingkat pendidikan bervariasi dan ditempatkan sesuai keahlian, kemampuan, dan kapasitas nya masing-masing.Seperti manajer, super visor, karyawan produksi,dll.
Untuk mendukung pengembangan PT Sido Muncul juga merekrut konsultan yang ahli dibidang nya,seperti apoteker, dokter umum, dokter gigi, dokter spesialis.
4. Peran Public/masyarakat sekitar
Diharapkan masyarakat dapat memberikan kritik saran untuk mengembangkan produk-produk sidomuncul.
5. Fasilitas
Perusahaan sidomuncul memiliki fasilitas pabrik yang lengkap. Fasilitasnya antara lain

1. Laboratorium
a. Laboratorium instrumentasi
b. Laboratorium farmakologi
c. Laboratorium formulasi
d. Laboratorium famakognost
e. Laboratorium stabilitas
f. Laboratorium kimia
2. Kebun percobaan dan budaya tanaman obat
3. Extraction centre
4. Pengolahan air bersih
5. Pengolahan air limbah
6. Perpustakaan
7. Klinik holistic.
Sumber daya manusia yang berkualitas, mempunyai agrowisata yang digunakan untuk mengoleksi tanaman dan perusahaan Sido muncul merupakan perusahaan jamu pertama di Indonesia.
6. Penghargaan
Penghargaan yang diterima Sido Muncul Golden Brand Award untuk produk Kuku Bima tahun n2005, penghargaan merk dagang unggulan Indonesia 2003, meraih cakram aword untuk kategori pengiklanan terbaik tahun 2002.
7.   Manajer-manajer yang digunakan PT. Sido muncul
1.     Manajer pemasaran
2.     Manajer keuangan
3.     Manajer operasional
4.     Manajer personalia
5.     Manajer administrasi
6.     Manajer peneliti dan pengembangan
B. Analisis Lingkungan Eksternal
1. Lingkungan Tugas
a. Pemasok
PT Sido Muncul, mendapatkan bahan baku diperoleh dari pemasok luar/pengumpul dalam bentuk kering yang berasal dari Wonogiri, Purwokerto, Purworejo, Ambarawa dan Jawa Timur. Bentuk bahan baku berupa daun atau rimpang. Proses pembelian dilakukan setiap panen raya

b. Pesaing
Perusahaan-perusahaan pesaing perusahaan Sido Muncul antara lain :
- PT Air Mancur
Produsen jamu dan kosmetika air mancur
- PT Industri jamu Borobudur
- PT jamu Iboe Jaya
- PT Industri jamu Jago
- PT jamu Indonesia Simona
- Dan lain-lain perusahaan farmasi

c. Perantara
Perusahaan Sido Muncul mempunyai banyak distributor untuk memasarkan produknya kepada konsumen seperti :
- Toko obat
- Apotik
- Toko klontong
- Swalayan
- Warung jamu
- Asongan
- Dan toko kecil lainnya

d. Pelanggan
Perusahaan Sido Muncul telah mempunyai pelanggan dari masyarakat kelas atas menengah dan kebawah karena biasanya masyarakat lebih memilih produk herbal atau alami dari pada obat-obatan yang mengandung zat kimia karena pada obat-obatan zat kimia akan menimbulkan efek samping terhadap tubuh.
e. Publik
Jamu biasanya lebih banyak di konsumsi oleh masyarakat pedesaan atau masyarakat tradisional karena jamu dibuat berdasarkan pengalaman dari nenek moyang yang turun menurun. Sehingga perusahaan Sido Muncul mengambil pengalaman tersebut kemudian memproduksi berbagai jenis jamu yang dapat bermanfaat menyembuhkan penyakit tanpa menimbulkan efek samping.

2. Lingkungan Umum
a. Lingkungan ekonomi
1) Ketidak seimbangan pasar terhadap harga bahan baku menyebabkan produksi jamu tidak dapat memproduksi maju mundurnya suatu usaha.
2) Besar kecilnya pajak yang wajib dikeluarkan berdasarkan industri yang dibangun sangat mempengaruhi maju mundurnya suatu usaha. Pajak yang dikenakan atas industri ini berupa PPh, PBB, Bea Cukai dan lain-lain.
3) Beban biaya yang dikeluarkan claim dari pajak antara lain retribusi, beban penggunaan listrik bagi industri, beban angkut dan lain-lain.
b. Lingkungan alam
1) Bangkitnya gerakan lingkungan
2) Mengolah limbah menjadi limbang ramah lingkungan
c. Lingkungan tehnologi
Tegnologi yang dimiliki perusahaan Sido Muncul sangat mempengaruhi produk –produk yang dihasilkan. Perusahaan Sido Muncul di pasaran mempunyai tempat yang bagus sehingga Sido Muncul sangat mempengaruhi peredaran jamu di Indonesia.
d. Lingkungan politik
Setiap perusahaan pasti diatur oleh undang-undang. Perusahaan sido muncul sebagai satu-satunya pabrik jamu yang berstandar farmasi UU RI no 7 tahun 1963 tentang farmasi, pasal 4 tentang produksi dan distribusi perbekalan di bidang farmasi di tetapkan dengan peraturan. Perundang-undangan misalkan tentang perihal impor/ekspor penyedia obat-obatan ditetapkan dengan peraturan pemerintah. Hal-hal mengenai konsumsi dan pekerjaan kerfarmasian diatur dengan peraturan menteri kesehatan.
e. Lingkungan kulturan
Perusahaan Sido Muncul dalam pembuatan produk-produknya menggunakan bahan-bahan alami atau herbal dan mengolahnya dengan tradisional.


 
5.Bagian manajemen dan aktivitasnya
| Analisis Strategi Pemasaran PT Sido Muncul
Penjualan produk PT Sido Muncul diprediksikan selama tahun ini meningkat sekitar 25% dibandingkan dengan tahun lalu, sedangkan nilainya akan naik 35%, terkait dengan kenaikan harga sejumlah produk.
Permintaan dari pasar dalam negeri yang cukup baik membuat persentase ekspor produk Sido Muncul turun yakni hanya sebanyak 5% dari seluruh produk yang dijual. Namun, dari segi volume, kinerja ekspor selama tahun ini justru naik dua kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu."Pasar ekspor masih bagus, tetapi permintaan di pasar domestik juga masih bertumbuh dengan baik, sehingga kami tetap memfokuskan pasar lokal."
Untuk menarik konsumennya, PT Sido Muncul mengeluarkan beberapa macam kemasan yang mudah dikenali dan diingat oleh masyarakat. Di samping itu kemasan dari produk produk PT sidomuncul sangatlah praktis untuk di gunakan oleh konsumenya. Dengan adanya variasi warna pada kemasan bungkus produk mereka, masyarakat lebih antusias untuk mengkonsumsi produk mereka.
PT sidomuncul menawarkan berbagai macam produk dengan harga yang bervariasi dan terjangkau. Dan dapat dinikmati oleh berbagai konsumen. Dengan harga yang terjangkau tentu saja Produk-Produk dari PT sidomuncul dapat di temukan di mana saja. Karena produk mereka lebih menekankan kepada produk tradisional (jamu) namun di kelola secara modern
| Pemasaran yang dilakukan atau Marketing Mix
            Dilakukan melalui penyaluran ke agen-agen.PT Sidomuncul memiliki 4 konsep pemasaran yaitu (product,promotion,price and place).Di PT Sido Muncul apabila ada produk yang tidak terjual di gudang sementara sudah mendekati masa ED (expired data) atau sudah ED maka perusahaan akan segera menukarkan kembali ke kantor pusat dengan produk baru yang sejenis dalam jumlah yang sama.
| Alternatif Strategi pemasaran
PT Sido Muncul hendaknya menggunakan S (Strenghth) untuk mengatasi T (Threatment), sehingga PT Sido Muncul melakukan difersifikasi produk.
Hal ini selaras dengan strategi yang telah digunakan PT Sido Muncul saat ini, yaitu dengan cara memproduksi berbagai produk diantaranya :
1. Kuku Bima (8 macam)
2. Tolak Angin (3 Macam)
3. Permen (2 Macam)
4. Jamu Tradisional (56 macam)
5. Jamu Komplit Instan (4 macam)
6. Jamu Komplit (6 macam)
7. Food Suplemen (34 macam)
8. Minuman Kesehatan (17 macam)

| Penerapan STP dalam Sido Muncul
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi marketing (segmenting, targeting, positioning) yang dilakukan Tolak Angin cair dan persepsi konsumen berkiatan dengan penerapan strategi tersebut. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif pada perusahaan dan kuantitatif pada konsumen sido muncul
A.SEGMENTING
Perusahaan melakukan segementasi untuk masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan, modern, berpendidikan tinggi, kelas sosial menengah keatas dan gaya hidup tinggi.
B.TARGETING
Target pasar model, artis, kalangan akademisi, mahasiswa, anak muda etnis Tionghoa, orang yang memiliki prestasi dibidangnya, pengusaha ataupun karyawan kantor
C.POSITIONING
Memposisikan produk yang simpel dan praktis dimana konsumennya adalah orang yang menyukai jamu bukan karena rasa dan ritualnya tetapi manfaatnya.
| Analisis SWOT
1. Ringkasan SWOT
a. Strength
1.    Keahlian dalam inovasi produk
2.    Produksi rendah biaya
3.    Jangkauan distribusi luas
4.    Kecepatan dalam menjangkau konsumen
5.    Brand yang  sudah terkenal
6.    SDM yang handal
PT Sidomuncul di dukung lebih dari 2000 karyawan dengan tingkat pendidikan yang bervariasi dan ditempatkan sesuai dengan keahliannya serta Sido Muncul juga memiliki tenaga ahli juga memiliki tenaga ahli dari berbagai disiplin ilmu.
7. Fasilitas pabrik yang lengkap
Dengan standar pabrik CPOB (Standar Pabrik Farmasi) maka Sido Muncul memiliki berbagai fasilitas guna mendukung produksi.
8. Merupakan perusahaan jamu terbesar di Indonesia
Sido Muncul merupakan pabrik jamu terbesar yang ada di Indonesia dan merupakan pionir bagi pabrik jamu lainnya.
9. Distribusi tersebr di seluruh wilayah Indonesia
Sido muncul berhasil menarik pelanggan di seluruh wilayah di Indonesia, baik daerah perkotaan maupun pedesaan maka dari itu distribusi produk Sido Muncul juga menyeluruh hingga ke seluruh wilayah Indonesia.

10. Produk terjangkau
Harga dari produk PT Sido Muncul sangat terjangkau pada seluruh lapisan masyarakat.

b. Weakness
1.    Terlalu banyak Brand yang dikeluarkan
2.   Permintaan pasar yang belum terpenuhi
3. Beberapa tahun lalu bintang iklan PT Sido Muncul menggunaka Sophia Latjuba yang kemudian terjaddi masalah pribadi (antara Sophia Latjuba dan kekasihnya yang berasal dari Amerika) sehingga menyebabkan iklan itu jarang muncul di TV tetapi sudah diselesaikan dengan menggunakan bintang iklan yang baru
4. PT Sido Muncul belum mempunyai alat untuk mengeringkan bahan baku sehingga hanya mengandalkan cara tradisional (matahari) sehingga pada musim hujan pengeringan tidak sempurna. Untuk mengatasi masalah tersebut PT Sido Muncul mengambil bahan baku dari pengumpul.

c. Opportunity (Kesempatan)
1.    Melakukan ekspansi ke luar negeri
2.    Melakukan join dengan perusahaan yang memiliki produk yang sejenis
3.    Melakukan diversifikasi terhadap produk lain

4. Teknologi
Diera modern ini dibutuhkan peralatan/teknologi yang canggih untuk mendukung proses kerja yang dituntut serba cepat dan higienis karena PT Sido Muncul yang merupakan pabrik berstandar pabrik farmasi memiliki fasilitas laboratorium, pengolahan air bersih, pengolahan air limbah.
5) Selera masyarakat
Perubahan gaya hidup serba instant membuat masyarakat kembali kepada produk-produk herbal (obat-obatan tradisional), karena dirasa produk-produk herbal dapat memberikan banyak manfaat dan tidak menimbulkan efek samping. Hal ini sejalan dengan misi PT Sido Muncul
6) Menjadi sponsor dalam berbagai promosi kesehatan
Dengan menjadi salah sati sponsopr dalam berbagai kegiatan promosi kesehatan dapat membentuk suatu image yang bagus.

d. Threatment/ancaman
1. Pesaing
   Ketatnya persaingan yang dilakukan pesaing dalam hal iklan maupun inovasi
 (a) Karena kini slera masyarakat banyak yang beralih kepada obat-obat tradisional, menyebabkan permintaan akan produk-produk herbal terus meningkat, sehingga PT Sido Muncul yang merupakan perusahaan jamu pertama kali di Indonesia menjadi besar dan berkembang dan tidak heran jika saat ini banyak pesaing-pesaing yang mencoba mendirikan perusahaan obat tradisional dan tidak tanggung-tanggung mencoba untuk menjatuhkan image produk Sido Muncul dengan cara “Memlesetkan” salah satu iklan dari PT Sido Muncul.
(b) Jamu-jamu bahan kimia obat (BKO) yang merebak di Indonesia saat ini (ex : Koperasi perusahaan jamu BKO di Cilacap) menjadi sebuah persaingan yang tidak sehat di industri jamu, perusahaan-perusahaan tersebut hanya mencari keuntungan semata, dan tidak memikirkan bahayanya terhadap konsumen.
2.  Tidak fokus terhadap satu jenis produk
3. Krisis ekonomi
Ditengah krisis ekonomi saat ini menyebabkan kondisi bahan-bahan baku produk tidak stabil, pembiayaan proses produksi, distribusi dan lain-lain menjadi semakin mahal, karenanya dibutuhkan solusi yang tepat bagi PT Sido Muncul untuk menyiasati kondisi seperti ini.

| Penerapan 4P dalam PT.Sido Muncul
a. Produk
Sido muncul memproduksi berbagai macam produk yang beredar di pasaran, diantaranya :
- Jamu
- Jamu insntan
- Food supplement
- Dan lain-lain
b. Price/harga
Harga produk-produk sido muncul sangat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat
c. Place/tempat
Tempat produksi produk-produk sidomuncul berada di pabrik sidomuncul yang beralamat di jalan Soekarno Hatta km 28 Kecamatan Bergas – Klepu Semarang, Indonesia.
Distribusi produk-produk Sidomuncul terjangkau di seluruh Indonesia di perkotaan maupun di pedesaan.
d. Promotion/promosi
Sidomuncul melakukan promosi dengan melakukan :
- Publikasi
 Lewat audio
 Lewat visual
 Lewa audio visual
- Promosi penjualan
 Dengan memberikan diskon
- Bantuan social
- Seminar kesehatan

- Sponsor dari berbagai macam acara. Contohnya di acara inbox, Thomas cup dan uber cup.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Thank For Your Comment